Minggu, 11 September 2011

PURSUING GOOD PRACTICE OF SECONDARY MATHEMATICS EDUCATION THROUGH LESSON STUDIES IN INDONESIA



By : Marsigit
Reviewed by : Oky Fatma                                                                                                     

            Terdapat banyak bukti bahwa aktifitas pembelajaran meningkatkan antusiasme siswa, motivasi, aktifitas, dan penampilan. Selain itu hal ini juga berdampak pada guru yaitu ditunjukkan dengan peningkatan profesionalisme guru pada nilai penampilan mengajar,  variasi metode atau pendekatan mengajar, dan kerjasama. Pendidik memberikan jalan alternative kepada siswa untuk belajar dan membangun sendiri konsepnya. Semua itu membutuhkan waktu cukup yaitu untuk beralih dari metode guru sebagai pusat ke siswa sebagai pusat.

Melalui terbukti sangat efektif dalam mengangkat antusiasme siswa dalam belajar ilmu pengetahuan, membantu siswa untuk mengembangkan eksperimental dan
diskusi keterampilan, memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan mereka sendi
ri. Ia juga melaporkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme, siswa dapat menemukan gaya belajar terbaik. Kompetisi meningkat antara kelompok-kelompok siswa dalam menyajikan dan berdiskusi mengenai hasil pekerjaan mereka.
Hasil dari aktifitas pembelajaran dan pertukaran pengalaman menjadi sebuah nasihat untuk meningkatkan cara mengajar matematika dan ilmu pengetahuan alam di Indonesia serta memperkenalkan latihan mengajar yang baik pada matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Untuk mengembangkan pengalaman mereka, para guru juga perlu berpartisipasi dalam
seperti macam lokakarya atau seminar. Dengan menggunakan bahan-bahan mengajar guru-guru bisa
melakukan proses belajar mengajar lebih efisien. Siswa dapat menikmati
proses belajar karena mereka terlibat dalam mengamati dan melakukan
berbagai hal. Sehingga dari beberapa bahan-bahan mengajar juga meningkatkan motivasi siswa dan minat siswa dalam belajar. Meskipun telah banyak bahan-bahan yang dikembangkan melalui Lesson study  tetap saja membutuhkan banyak topik untuk memiliki bahan-bahan mengajar yang lebih baik.
Pembelajaran juga direkomendassokan untuk mendorong inovasi pendidikan, kepala sekolah dibutuhkan untuk membuat suasana baik dalam belajar mengajar, untuk mempromosikan untuk memfasilitasi metode mengajar yang berbeda-beda dan  sumber daya belajar mengajar, untuk memberi kesempatan kepada guru dan murid untuk menunjukkan inisiatif mereka, untuk mempromosikan belajar kooperatif, dan lain-lain.
Lebih lanjut pembelajaran juga direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Pemerintah pusat dibutuhkan untuk memfasilitasi kurikulum yang lebih sesuai yatu lebih sederhana dan mudah,  untuk memberikan alur mengajar yaitu guru seharusnya menyediakan kebutuhan belajar siswa, untuk memberikan alur kepala sekolah yaitu yang mendukung pengembangan profesional dari guru dengan mengizinkan mereka mengikuti dan berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah, pertemuan, dan latihan, untuk memberikan alur dari sekolah yaitu sekolah seharusnya mempromosikan manajemen berbasis sekolah, untuk memberikan alur dari pengawas dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar