Jumat, 23 September 2011

GOOD PRACTICE OF MATHEMATICS TEACHING THROUGH LESSON STUDY AND TEACHERS PROFESSIONAL DEVELOPMENT

By                   : Marsigit
Reviewed by   : Oky Fatma D

Lesson Study dikembangkan oleh para guru berkerjasama dengan pengajar dan pakar Jepang, mencoba beberapa model mengajar di sekolah. Lesson Study berguna untuk merefleksikan dan mempromosikan paradigma baru dari matematika dan  ilmu pendidikan.  Lesson Study menjadi salah satu cara dalam Pengembangan Profesional Guru Matematika.
Para guru menyadari bahwa lesson Study memberikan hasil positif karena dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam menemukan variasi pendekatan dan metode mengajar. Juga memperkenalkan model baru dari mengajar yang mana memungkinkan guru meningkatkan variasi mengajar pada bagaimana mengkondisikan Kegiatan Belajar Mengajar di kelas.  Para guru menyadari bahwa kegiatan Lesson Study berguna dalam mendukung implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Tujuan spesifik aktivitas Lesson Study adalah untuk mempromosikan cara berpikir matematika. Ada 2 pelaksanaan kegiatan Lesson Study di lapangan yaitu yang pertama mempromosikan pemikiran siswa pada konsep kelipatan terkecil melalui pendekatan realita pada kelas 4 Sekolah Dasar. Kedua, pengembangan metode matematika pada pembelajaran total luas permukaan serta volume pada tabung dan bola pada kelas 8 SMP.
Dalam mengembangkan metode mengajar, guru perlu merencanakan skenario mengajar,  merencanakan kegiatan siswa, merencanakan peran guru, mendistribusikan tugas, mengembangkan metode penilaian, dan memantau kemajuan prestasi siswa. Untuk mengembangkan pengalaman tentunya didukung oleh keaktifan guru mengikuti workshop dan seminar.

Selanjutnya, studi ini juga merekomendasikan bahwa pemerintah pusat juga turut andil dalam meningkatkan kualitas matematika dan ilmu pendidikan yaitu mengimplementasikan kurikulum yang sesuai yaitu lebih sederhana dan fleksibel. Mendefinisikan kembali peran guru yaitu guru harus memfasilitasi kebutuhan siswa untuk belajar. Mendefinisikan kembali peran kepala sekolah untuk mendukung pengembangan profesional guru, dan lain-lain.

Proyek Lesson Study adalah terbukti sangat efektif dalam mengangkat semangat siswa dalam belajar ilmu pengetahuan, membantu siswa untuk mengembangkan eksperimental mereka dan keterampilan diskusi, dan dalam memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan konsep ilmiah mereka sendiri. Proyek ini juga melaporkan bahwa menggunakan pendekatan konstruktivisme, para siswa dapat menemukan gaya belajar terbaik mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar