Rabu, 16 Januari 2013

Membangun Intuisi



 Bagaimanakah cara membangun intuisi?
Untuk mengetahui cara membangun intuisi, perlu dipahami dahulu pengertian intuisi. Menurut Ric Giardina (Tri Agung) intuisi adalah bagian dari alam bawah sadar yang memberikan sinyal atau tanda, di mana intuisi itu mengetahui sesuatu yang tidak dimengerti oleh kesadaran manusia.
Intuisi adalah non-analitik dan tidak didasarkan atau suatu pola berfikir tertentu dan sering bercampur aduk dengan perasaan (Atos). Sedangkan Carl Jung (Panbran) mengungkapkan bahwa intuisi adalah salah satu dari empat fungsi utama dari pikiran manusia berikut sensasi, pikiran, dan perasaan. Jadi dapat disimpulkan bahwa intuisi merupakan bagian dari alam bawah sadar atau suatu pola berfikir tertentu yang tidak dimengerti kesadaran manusia berikut sensasi, pikiran, dan perasaan. Membangun intuisi merupakan hal yang penting. Intuisi datang secara alami tanpa berpikir logis. Misalnya saja definisi mengenai bilangan dua. Seorang manusia dapat memahami bilangan dua dan mengartikannya langsung, itulah yang dinamakan intuisi.  
Cara membangun intuisi (Anonim) yaitu
1.      Pergunakanlah empati alami kita sesering mungkin
Banyak pengalaman lewat orang lain dapat membangkitkan intuisi. Dengan sumbangan perasaan yang timbul karena empati maka intuisi semakin berkembang. Pengalaman-pengalaman orang lain dapat membangun intuisi seseorang tanpa harus mengalaminya. 
2.      Biarkan diri Anda merasa takut dan mengalirlah melewatinya
3.      Berhubunganlah dengan orang lain secara emosional
4.      Hentikan penilaian-penilaian pribadi (judgments)
5.      Temukan keheningan
6.      Ajukan pertanyaan-pertanyaan, sebanyak-banyaknya
Ini adalah yang disebut pembangunan tubuh dari intuisi.  Tanya jawab adalah cara terbaik untuk menciptakan intuisi-intuisi yang lebih kuat.  Intuisi-intuisi kreatif yang paling kuat akan datang kepada Anda setelah sesi-sesi tanya-jawab yang lama.
Dalam matematika intuisi sangat diperlukan. Contohnya dalam mendefinisikan bilangan 2 (dua). Seorang siswa tidak perlu menjelaskan bilangan 2 (dua) menggunakan definisi konsep yang kadang menyulitkan siswa. dengan menggunakan pengalaman dalam alam bawah sadar, mereka bisa mendefinisikan dua dengan baik, karena telah terkonstruk dalam pikiran mereka. Sehingga intuisi membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan.

Sumber:
Tri Agung. http://triagung86.wordpress.com/

Atos. 2010. Intuisi dalam Alam Pikiran Barat dan Alam Pikiran Jawa (Sebuah Filsafat Perbandingan). http://filsafat.kompasiana.com (Diakses pada tanggal 12 Desember 2012)

Panbran. Manfaat dan Cara Mengembangkan Intuisi. http://www.tipsmu-tipsku.com

Anwariansyah. Tips: Kiat-kiat Mempertajam Intuisi Anda. http://www.wikimu.com (diakses tanggal 12 Desember 2012.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar